Memperpanjang SIM di Bus SIM Keliling


Dari sebulan yang lalu saya sudah sadar, sim A dan C gue akan habis berlakunya tahun ini. Dari sebulan yang lalu pula udah cari info2x tentang Bus SIM Keliling nya Polda Metro Jaya.

Cuman karena kesibukan baru inget lagi beberapa hari yang lalu. Sampai kemarin pun lupa!!! 😀
Sadarnya pas tadi malem..  belum nyari info pula tentang bus SIM keliling.

Akhirnya tadi malem disempet2xin browsing nyari info, dapet ada disini, disini, disini dan disini dapet juga di website ditlantas polda metro jaya. Tapi semua itu nggak dapet jawaban pasti besok tuh bus mangkal dimana?. Gue coba sms ke nomer 1717 dijawab bahwa jadwal belum ada, coba lagi besok. Ya udah.. gue catet syaratnya aja, fotocopy KTP dan fotocopy SIM.
Besok pagi- pagi gue sms lagi ke nomer 1717. Dapet jawaban. Asikkk… “Bus SIM Keliling Polda Metro akan mangkal di depan Mall Ambasador dari jam 09.00 – 15.00”. Wah asik deket.. siang2xan aja ah.. soalnya dari info yg didapet ngurusnya cuman 10 menit dan deket kantor pula.

Abis fotocopy KTP sama SIM gue jalan, pas di casablanca sebelum Mall Ambasador gue jalan pelan. Dan eng ing eng.. tampak Bus yg berkelir putih biru itu tampak. Tapi.. alamak.. banyak antrean disana. Orang2x sudah mengantri rupanya. Sempet kepikiran mo perpanjang besok aja.

Tapi kepalang deh udah sampe situ. Akhirnya turun, tepat sekitar pukul 11.30 gue masukin berkas, lumayan juga nih yg ngantre ada 100 orang kali. Tunggu ditunggu akhirnya tepat pukul 12.30 nama gue dipanggil.

Didalem udah cuman tinggal tanda-tangan trus bayar Rp. 100.000 per SIM, jadi gue bayar Rp. 200.000. Tadi selentingan di luar gue denger kalo yang SIM A itu bayarnya Rp. 130.000, ternyata yang bayar Rp. 130.000 itu kalo SIM nya sudah kadaluarsa, alias mati. Untung SIM gue belon mati. Oh iya di bus sim keliling itu hanya melayani perpanjangan SIM A dan/atau SIM C, dan maksimal kadaluarsa 1 tahun. Dan juga untuk SIM yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya. Jadi walau KTP dari luar Jakarta tapi SIM nya Jakarta sepertinya bisa. Tapi kalau SIM dan KTP di luar Jakarta pasti ditolak.

Tadi banyak yang seperti itu. KTP dan SIM Tanggerang atau bekasi. Padahal udah lama2x nunggu. Tapi ditolak. Begitu juga sim yg udah kadaluarsa lebih dari 1 tahun. Ada yg 4 tahun.. udah sampe lecek gitu SIM nya.. hueahuehae.. langsung ditolak..

Kira-kira dari pengalaman gue ngurus SIM di Bus SIM Keliling Polda Metro yang harus diperhatikan oleh yg ingin memperpanjang SIM sebagai berikut:

– Siapkan fotocopy KTP dan fotocopy SIM yang ingin diperpanjang, minimal masing2x 1 buah. Lebih juga lebih baik. Soalnya kalo rame didalem juga kadang sering “ketlisut” fotocopynya. Jadi petugasnya minta lagi. Jaga-jaga aja. Hal ini juga menjadi “berkah” bagi tukang ojek ynag mangkal di sekitar situ. Dengan tidak adanya mesin fotocopy dan orang2x yang belum fotocopy, mereka mau membantu untuk “mencarikan” tempat fotocopy. Ada yang sampai memasang tarif Rp. 5000 per fotocopy.. gilee juga.

– Siapkan payung, kalo ternyata hujan lagi menunggu, atau panas2xan. Soalnya bus nya nggak ada tempat untuk menunggunya.

– Siapkan juga air minum kalau ternyata antriannya panjang. Hal ini jadi berkah juga bagi pedagang air minum disekitar kawasan tersebut.

– Pagi hari sebelum berangkat lebih baik cari info tentang keberadaan Bus SIM keliling tersebut. Dari pada mencari-cari. Kirim SMS ke 1717 isinya bisa “Jadwal SIM Keliling”. Karena bisa jadi itu SIM besok bisa berada entah dimana.

– Lebih baik dateng lebih pagi.

Untuk Bus SIM Keliling ini gue juga ada masukan – walau sudah bagus seperti sekarang- antara lain:

– Sistem antrian lebih diperbaiki atau menggunakan Ticketing System seperti di bank. Karena kalau tidak, peminatnya makin banyak, bisa jadi kacau balau.

– Sistem pengeras suara seharusnya ada. Karena pemanggilan nama untuk antrian tidak terdengar kalau antriannya panjang, apalagi kalau daerahnya sempit dan dipinggir jalan.

– Dipertimbangkan untuk menambah jumlah armada. Karena masyarakat sekarang sepertinya lebih “mengejar” Bus SIM Keliling untuk memperpanjang SIM dari pada mereka harus ke Daan Mogot . Terus terang harganya bisa lebih murah, dan tanpa calo.

Sekian dulu laporan gue untuk hari ini.. oh iya.. satu lagi Bus SIM Keliling ini bisa dipanggil ke kantor atau ke tempat tertentu sepanjang di tempat tersebut ada yang mau perpanjang SIM sekitar 10 orang atau lebih. Untuk itu bisa tanyakan ke nomor telepon 5446362.

12 thoughts on “Memperpanjang SIM di Bus SIM Keliling

  1. BonnyHP says:

    KTP bandung bisa ga.?
    kalo SIM mau abis biasa mau ultah niy..
    MAKAN-MAKAN
    wakakakaka

  2. didats says:

    big jadi tukang keliling sekarang?
    *slaah pkous*

  3. mangli says:

    di batam kapan yak ?

  4. andriansah says:

    #1 setujuh…

    kapan makan2? gw jemput deh kerumah loe 🙂

  5. geblek says:

    1&4# bener makan makan

  6. v n u z says:

    gag ada calo nya ya???

    gag seru..gag seru!!!

  7. makan2 di ganthari lagi…!! :))

  8. bLub says:

    happy birthday, big…
    makan² doong…
    eh kalo ga traktir j.co deh

  9. lantip says:

    big, kabari kalo dah ada bis “dolly” keliling ya.

    *kalem*

  10. Calupict says:

    KTP dan SIM Tanggerang atau bekasi. Padahal udah lama2x nunggu. Tapi ditolak.

    Bleh!

    Dipertimbangkan untuk menambah jumlah armada. Karena masyarakat sekarang sepertinya lebih “mengejar” Bus SIM Keliling untuk memperpanjang SIM dari pada mereka harus ke Daan Mogot .

    Jadi, yang bikin di Daan Mogot bisa ikutan memperpanjang disitu g?

  11. kristyanto says:

    mo nanya nih, bisa ngga ya identitas KTP dan SIM A & C saya tangerang di urus perpanjangnya di polres jakarta selatan?
    trims, ats jwbnnya

  12. sahL says:

    Udah basi lom yah page ini??…

    Gpp deh.. tanya aja neh.. Kalo SIM nya udah kadaluarnyanya 2 tahun… “BISA DIBANTU GA YAH??.. **

    Soalnya saya mau perpanjang neh.

    **sama bapa polisi nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: